Tips Menghadapi Persaingan di Sosial Media


Sosial media makin besar persaingan saat ini.Persaingan itu harus dilakukan secara sehat dan akurat.Untuk menangani persaingan dalam sosial media, kita harus lebih cermat dalam hal Marketing.Dengan demikian, maka apa yang kita hadapi bisa kita lalui dengan mudah.

7 Tips ini akan membawa anda untuk menghadapi persaingan di sosial media.Bisnis tidak hanya pada real life atau dunia nyata saja.Tetapi juga pada dunia internet/dumay.Jika kita pintar dalam hal marketing, mungkin penghasilan anda akan meroket seperti CEO Perusahaan pada umumnya.

Sebelum membahas 7 tips menghadapi persaingan di sosial media, kita akan membahas sedikit tentang "Ciri-Ciri Toko Online Penipu".Kini, sudah banyak penipuan yang dilakukan masyarakat indonesia, terutama dalam membuat toko online yang berisi penipuan.Sosial media kini telah dipantau ketat oleh orang-orang yang tidak suka dalam hal penipuan serta bullying.Ingat artikel saya sebelumnya yaitu "Berpikirlah Sebelum Mengkritik di Sosial Media"?.Kejadian itu memberi pelajaran kepada kita, bahwa kita harus pintar-pintar mengkritik dan harus pintar-pintar siapa yang dikritik.Boleh saja berpendapat, tetapi tidak melakukan hal bullying/menghina.Itu sangat beda pengertiannya dengan berpendapat.

Oke, berikut 7 Tips Menghadapi Persaingan di Sosial Media

1.Shortcut Knowledge 


Shortcut Knowledge atau pembelajaran mengenai trik-trik di sosial media kepada orang – orang yang memang sudah ahli dalam dunia social media marketing, sehingga anda tidak disibukkan dengan trial dan error di social media, ingat trial dan error itu membutuhkan cost dan waktu yang tidak sedikit. Fokuslah pada cara atau trik yang memang sudah terbukti berhasil. Seringkali trik yang terbukti berhasil di sosial media adalah trik yang sederhana yang tidak rumit sama sekali.

2.Fokus 


Fokus pada niche atau ceruk pasar yang memang anda sudah punya passion, dengan begitu maka yang anda kejar bukan uang semata, tapi ada value yang anda berikan secara ikhlas untuk pada audience , fans atau follower anda.

3.Di Tengah-Tengah Era Informasi Yang Terbuka


Di Era informasi yang terbuka,orang mulai mudah untuk mencari alternatif baru kuncinya adalah responsif dan adaptif terhadap market. Mau tidak mau anda harus mulai berpikir untuk membangun team, karena untuk responsif dan adaptif biasanya harus ada orang yang fokus menanganinya.

4.Bangun Engagement 


Bangun engagement dengan konten dan apresiasi secara personal, misalnya memberikan ucapan ulang tahun kepada mereka. Buatlah mereka gembira, atau sekali kali adakan acara kopi darat atau gathering dengan mereka.

5.Jadikanlah Komunitas di Sosial Media Sebagai Partner Anda


Jadikanlah komunitas sebagai partner anda di sosial media, jangan hanya dipandang sebagai target market saja, dengan begitu market akan respect kepada bisnis anda.

6.Selau Berpikir Kreatif dan Inovatif


“bisnis yang berbasis kreatifitas dan inovasi tidak mengenal persaingan” itulah quote yang disampaikan oleh Joseph ”MR. JOGER” Theodorus Wulianadi Pemilik Joger T-Shirt Bali. Teruslah hasilkan ide – ide cemerlang untuk bisnis yang dilakukan baik dari segi produk dan cara memasarkannya. Jangan sampai market memandang anda sebagai perusahaan yang kuno, yang akhirnya nanti kalah dengan pesaing yang membawa hal baru. “Berpikirlah seliar mungkin , berpikirlah sekreatif mungkin , berpikirlah sebeda mungkin , tapi pada saat mengeksekusi gunakanlah otak kiri dan dalam keteraturan” begitulah nasihat yang disampaikan oleh salah satu pakar kreatif marketing Yoris Sebastian dari OMG.

7.Jangan hanya puas dengan fans yang sudah terkumpul


cepat buat database mandiri karena Facebook , Twitter bukanlah milik anda, sewaktu – waktu anda kena banned atau hal – hal lain, maka akan sulit untuk memulainya dari awal. Kalau ini sudah dilakukan maka akan mudah sekali kita membangun jalur marketing tanpa sosial media, kita bisa mengucapkan hari – spesial mereka bisa menggunakan sms dan alat komunikasi lainnya.

Jika barang produk anda ingin laku dan bersaing dengan orang lain, tips lainnya yaitu mempromosikannya pada Toko Online yang sudah cukup terkenal di Indonesia.Tidak hanya itu, sosial media dapat digunakan sebagai bisnis dengan cara membuka jasa "Auto Followers Twitter" yang saat ini sedang trend.

Refrensi : http://www.romeisongulo.com/2014/06/02/bagaimana-menghadapi-persaingan-di-social-media.html

4 komentar-facebook

Aunillah delete October 30, 2014 at 6:06:00 AM GMT+7

Banyak juga neh tips kompeten di medsos... makasih bang

Cinta Teknologi delete October 30, 2014 at 5:11:00 PM GMT+7

busettt kerenn nih gan tips mengenai cara menghadai persaingan di media sosialnya lengkap bener sampe pusing bacanya hhiihi tapi kerennn nihh :)
salam kenal yahh :)

Unknown delete October 31, 2014 at 12:36:00 AM GMT+7

Sip, Sama-sama ..

Terima kasih juga sudah berkunjung :)

Unknown delete October 31, 2014 at 12:38:00 AM GMT+7

Mungkin tips diatas adalah beberapa tips yang sederhana tetapi tetap ringkas.

Salam kenal juga ainnul :)