Facebook Akan Dikenakan Biaya Pembayaran, Bener Ngak Ya?



Facebook adalah sebuah layanan jejaring sosial yang diluncurkan pada bulan Februari 2004, dimiliki dan dioperasikan oleh Facebook, Inc.Pada September 2012, Facebook memiliki lebih dari satu miliar pengguna aktif,lebih dari separuhnya menggunakan telepon genggam.Pengguna harus mendaftar sebelum dapat menggunakan situs ini. Setelah itu, pengguna dapat membuat profil pribadi, menambahkan pengguna lain sebagai teman, dan bertukar pesan, termasuk pemberitahuan otomatis ketika mereka memperbarui profilnya. 

Tetapi, apa jadinya jika facebook itu dikenakan biaya pembayaran tiap bulan? berikut kita akan bahas disini !

“Mulai Bulan Depan, Pakai Facebook Tak Gratis Lagi, Harus Bayar 2,99 dolar per Bulan?” Headline seperti ini dengan cepat beredar dan menimbulkan banyak pertanyaan. Tidak heran, sebab akhirnya berita tersebut banyak di-share di Facebook, mungkin teman FB kamu pun ada yang share berita tersebut.. Namun apa kabar ini beneran?

Berita ini awalnya muncul dari situs bernama National Report. Situs ini menuliskan kalau Mark Zuckerberg, sang pemimpin Facebook, menyatakan:

"Setelah berpikir keras mengenai keputusan ini, akhirnya kami terpaksa membebankan biaya bulanan ke pengguna. Jika kami tidak melakukan sesuatu untuk mengatasi ongkos yang semakin naik ini, Facebook akan segera menghilang dalam waktu dekat."


Tentunya bukan kali ini saja berita semacam ini menyeruak, karena dari tahun ke tahun, seperti contohnya di tahun 2011 sampai dengan 2013 kemarin, informasi serupa juga pernah muncul dan menghebohkan internet.Ternyata National Report adalah sebuah situs satir / parodi yang bikin berita-berita hoax seakan-akan seperti berita betulan.Selain itu, pengguna yang ingin terbebas dari ketentuan bayar itu diberikan hak akses selama 1 jam dalam seminggu, jika melewati kuota itu harus menanggung biaya US$0,49 per menit atau setara Rp5.390 per menitnya.Jikalau facebook memberlakukan pembayaran ini?yang pastinya facebook bisa-bisa malah rugi besar!

Hayoloh?Facebook ini membingungkan kita semua, coba kalian pikirikan apa yang membingungkan??? Lihat gambar dibawah ini :



Meski dalam berita itu ada kutipan pernyataan Pendiri & CEO Facebook Mark Zuckerberg yang menyampaikan alasan pemberlakuan ketentuan berbayar itu, manajemen Facebook belum merilis pernyataan resmi perihal informasi tersebut.

Facebook sendiri sampai mengumumkan kalau mereka akan menambahkan tag “satir” untuk artikel dari situs parodi semacam ini, agar banyak yang nggak kemakan hoax.Tak perlu resah untuk ber socmed, jika pembayaran ini dilakukan? apa jadinya facebook inc ini? Yang pastinya dari 1 milliar pengguna aktif bisa-bisa jika diberlakukan menjadi 1 juta pengguna aktif di dunia ini?1 milliar pengguna aktif dengan keuntungan $3,71 milliar atau 1 juta pengguna aktif dengan $2.99 / month?yang pastinya lebih menguntungkan 1 milliar pengguna aktif.

2 komentar-facebook

Farcreed 51 delete September 24, 2014 at 7:13:00 PM GMT+7

kalo kaya gitu ane gak akan buka facebook lagi :(

Anonymous delete September 24, 2014 at 7:31:00 PM GMT+7

Sampai lupa saya kalau facebook Gratis sampai kapanpun. Berkat artikel ini saya jadi inget lagi :-d